Subscribe:

Subscribe now!

Get our latest posts in your email for free.

Jumat, 22 Juni 2012

FILE ARSIP SKRIPSI : DOWNLOAD SKRIPSI PENDIDIKAN KIMIA GRATIS | CONTOH KUMPULAN SKRIPSI LENGKAP SEMUA JURUSAN


DI BAWAH INI ADALAH BAB I DARI CONTOH KUMPULAN SKRIPSI LENGKAP PENDIDIKAN KIMIA, UNTUK MENDAPATKAN JUDUL, TESIS, PROPOSAL, TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI PENDIDIKAN KIMIA LAINNYA BISA ANDA LIHAT DISINI 




BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
Dalam era globalisasi sekarang ini, kebutuhan manusia dalam berbagai bidang meningkat dengan pesat, diantaranya adalah kebutuhan sandang dan kertas. Sandang merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, sejalan dengan bertambahnya penduduk dan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan maka meningkat pula kebutuhan akan sandang dan kertas.
Permintaan akan kebutuhan kertas semakin meningkat, sehingga perlu didirikan suatu perusahaan atau pabrik yang bergerak di bidang produksi pulp. Dengan melihat sumber daya alam Indonesia yang kaya akan bahan baku pulp maupun kertas mendorong didirikannya suatu pabrik pulp dan rayon yang bernama P.T. INTI INDORAYON UTAMA.
Salah satu bagian penting dalam proses pembuatan pulp ialah proses pencucian (washing). Proses pencucian dilakukan setelah melewati proses pemasakan (digester). Pada proses pencucian tahap IV akan diperiksa kadar soda yang tertinggal di dalam pulp dengan parameter Soda Loss. Dimana kadar soda yang layak pada pulp agar produksi pulp layak unrtuk diperdagangkan biasanya maksimal 10 kg/ton pulp. Soda ini akan sangat mempengaruhi terhadap kualitas, keputihan dari pulp yang dihasilkan.




1.2.   Permasalahan
Kegunaan dari parameter ini yaitu agar dapat mengetahui berapa kadar bahan kimia yang dibutuhkan pada proses berikutnya. Sehingga tidak terjadi pemborosan bahan kimia yang akan ditambahkan ataupun kekurangan di proses berikutnya.
Dengan alasan inilah, maka penulis memilih judul “Penentuan Kadar Soda yang Hilang di Tahap Pencucian IV pada Proses Pembuatan Pulp”.

1.3.   Tujuan
Adapun tujuannya sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui kadar soda yang hilang pada tahap pencucian pada proses pembuatan pulp.
b.      Soda yang hilang akan sangat berpengaruh untuk menentukan kadar Na2SO4 yang akan ditambahkan pada proses berikutnya.
c.       Jika kadar sodanya terlalu tinggi maka keputihan pulp yang dihasilkan akan semakin rendah, sedangkan jika terlalu rendah maka mutu pulp yang dihasilkan tidak bagus karena kadar ligninnya sedikit.

1.4.   Manfaat
Manfaatnya adalah dapat memberikan informasi kepada pembaca mengenai kadar soda di pabrik karena jika kadar sodanya terlalu tinggi maka keputihan pulp yang dihasilkan akan semakin rendah maka mutu pulp yang dihasilkan tidak bagus karena kadar ligninnya sedikit.
Soda yang hilang juga akan sangat berpengaruh untuk menentukan kadar Na2SO4 yang akan ditambahkan pada proses berikutnya.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1.      Gambaran Umum Tentang Pulp
Pulp termasuk ke dalam polisakarida berupa selulosa yang berat molekulnya 20.000-40.000. Pulp yang merupakan bahan baku industri kertas dan rayon (serat sintesis) termasuk serat tiruan. Proses pembuatan pulp bertujuan untuk memisahkan serat-serat selulosa dari komponen lain yang terdapat dari bahan berserat selulosa.
Menurut Cusey, (1978), sumber utama serat selulosa terdapat dalam tumbuh-tumbuhan. Serat selulosa sebagai bahan baku pembuatan pulp kertas dapat dihasilkan dari kayu dan nonkayu.
Serat selulosa dari bahan baku kayu menurut penggunaannya dapat dibagi menjadi dua golongan besar :
a.       Kayu daun lebar menghasilkan serat pendek (LBKP = Laubholtz Bleach Kraft Pulp) dengan panjang serat sekitar 1,1 mm (hardwood), seperti Eucalyptus (Eucalyptus sp), Meranti (Shorea sp), Bakau (Rhizopur sp), Kaliandar (Calyandara calthyrsus), Akasia (Accassia mangium).
b.      Kayu daun jarum menghasilkan pulp serat panjang (NBKP = Nadelholz Bleach Kraft Pulp) dengan serat panjang sekitar 2,5 mm (soft wood), seperti Pinus (Pinus sp), Agata (Agathis sp).

2.2.      Komposisi dan Sifat Kimia Kayu
Komponen kimia kayu mempunyai arti yang sangat penting, karena dapat menentukan susunan jenis kayu, juga dengan mengetahuinya dapat membedakan jenis-jenis kayu. Selain itu dapat menentukan pengolahan dan pengerjaan kayu, sehingga didapat hasil yang maksimal pada setiap pengerjaannya. Pada umumnya komponen kimia kayu daun lebar dan kayu daun jarum terdiri atas unsur :
a.       Unsur karbohidrat terdiri dari selulosa dan hemiselulosa
b.      Unsur non-karbohidrat terdiri dari lignin
c.       Unsur yang diendapkan dari kayu selama proses pertumbuhan dinamakan zat ekstraktif
Distribusi komponen kimia tersebut dalam dinding kayu tidak merata. Kadar selulosa dan hemiselulosa banyak terdapat dalam dinding sekunder, sedangkan lignin banyak terdapat dalam dinding primer dan lamela tengah. Zat ekstraktif terdapat di luar dinding sel kayu.
Tabel 1. Komposisi Unsur-Unsur  Kimia Kayu
Unsur
Komposisi
Karbon
50 %
Hidrogen
6 %
Nitrogen
0,04 % - 0,10 %
Abu
0,02 % - 0,05 %
Oksigen
43,85 % - 43,94 %

Menurut Eero Sjostrom, (1998), secara kimia, kayu terdiri dari empat komponen yaitu selulosa, hemiselulosa, lignin dan zat ekstraktif. Berdasarkan perbedaan empat dan penyusun serta jenis kayu, kayu dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu kayu keras (hardwood) dan kayu lunak (soft wood).

Tabel 2. Komponen Penyusun Kayu

Komponen
% Komposisi
Kayu lunak (soft wood)
Kayu keras (hardwood)
Selulosa
40 – 44
43 – 47
Hemiselulosa
25 – 29
23 – 35
Lignin
25 - 31
16 – 24
Ekstraktif
1 – 5
2 – 8

2.2.1.      Selulosa
Selulosa merupakan komponen utama dinding sel kayu yang merupakan polimer glukosa (C6H10O5)n dimana n adalah jumlah pengulangan unit-unit atau n disebut juga derajat polimerisasi (DP). Selulosa dalam kayu mempunyai derajat polimerisasi sekitar 3500, namun pada proses pembuatan pulp, Derajat polimerisasi ini biasanya akan menurun sehingga menghasilkan pulp yang lemah. Selulosa ini adalah merupakan komponen utama dari kayu lunak dan kayu keras dan merupakan polimer dari D-glukosa.
2.2.2.      Poliosa
Disamping selulosa dalam kayu maupun dalam jaringan tanaman terdapat sejumlah polisakarida yang disebut poliosa atau hemiselulosa. Nama hemiselulosa dapat dikutip dari E. Schultze (1981) dan ini didasarkan anggapan bahwa polisakarida ini merupakan pendahulu selulosa. Meskipun dalam bidang ilmu pengetahuan istilah hemiselulosa telah pasti, namun dalam bidang teknis masih sering disalah artikan. Ekstraktif yang terdapat dalam lindi alkalis dari pulp kimia terdiri dari poliosa dan selulosa rantai pendek yang disebut sebagai hemiselulosa atau diartikan sebagai “selulosa rendah”.
Poliosa berbeda dari selulosa karena komposisi dari berbagai unit gula, karena rantai molekul yang membentuk poliosa dapat dibagi menjadi kelompok seperti pentosa, hektosa dan heksosa.
Klasifikasi secara umum untuk semua karbohidrat tumbuhan diketengahkan oleh Asprinall (1973). Sistemnya terdiri atas kelompok-kelompok sebagai berikut :
a.       Selulosa
b.      Hemiselulosa
-          Hinan (homopolimer)
-          Glukomannan (heteropolimer)
c.       Senyawa pektin
-          Galakturonan
-          Arabinan
-          Galaktoran atau arabinogalaktan I (terutama rantai linear)
d.      Polisakarida lain
-     Arabinogalaktan II (rantai bercabang banyak)
e.       Glikoprotein
Kayu lunak dan kayu keras tidak hanya berbeda dalam persentase poliosa total tetapi juga dalam persentase masing-masing poliosa dan komposisi poliosa-poliosa tersebut.
2.2.3.      Lignin
Lignin dapat diisolasi dari kayu bukan ekstraktif sebagai sisa yang tidak larut, setelah penghilangan polisakarida dengan hidrolisis. Secara alternatif lignin dapat dihidrolisis dan diekstraksi dari kayu atau diubah menjadi turunan yang larut. Setelah selulosa lignin merupakan zat organik yang banyak dan penting dalam tumbuhan. Penyatuan lignin ke dalam dinding sel tumbuhan memungkinkan lignin menguasai permukaan bumi, lignin menaikkan sifat-sifat kekuatan mekanik.
Lignin merupakan komponen kimia dan morfologi yang karakteristik dari jaringan tumbuhan tingkat tinggi, dimana lignin terdapat dalam jaringan vaskuler yang khusus untuk pengangkutan cairan dan kekuatan mekanik.
Jumlah lignin yang terdapat dalam tumbuhan yang berbeda sangat bervariasi. Meskipun dalam spesies kayu kandungan lignin berkisar antara 20-40 %. Disamping spesies kayu kandungan lignin dalam dinding sel dan kandungan lignin dalam bagian pohon yang berbeda tidak sama. Sebagai contoh, kandungan lignin paling tinggi adalah pada baatang dan paling rendah terdapat pada cabang dan kulit. Dalam kebanyakan penggunaan kayu, lignin digunakan sebagai bagian internal kayu.
Dalam pembuatan pulp pada proses pengelantangan (bleaching) lignin dilepaskan dari kayu dalam bentuk terdegradasi dan berubah merupakan sumber karbon lebih dari 35 juta ton tiap tahun di seluruh dunia dan sangat potensial untuk keperluan kimia dan energi. Kandungan karbon lignin kayu lunak (60 % - 65 %), pada umumnya lebih tinggi dibandingkan karbon lignin pada kayu keras (18 % - 22 %)
2.2.4.      Zat Ekstraktif
Ekstraktif diartikan sebagai senyawa yang terdapat dalam kayu dan merupakan senyawa-senyawa yang larut dalam pelarut organik baik bersifat polar ataupun nonpolar. Kandungan dan komposisi ekstraktif berubah-ubah diantara spesies kayu tergantung pada geografi dan musim.
Komposisi ekstraktif berubah selama pengeringan kayu, terutama senyawa-senyawa tak jenuh, lemak dan asam lemak terdegradasi. Hal ini penting untuk memproduksi pulp karena ekstraktif tertentu dalam kayu segar mungkin menyebabkan noda kuning (gangguan aneh) atau penguningan pulp. Ekstraktif ini juga dapat mempengaruhi kekuatan pulp, perekatan dan pengerjaan akhir kayu maupun sifat-sifat pengeringan.
Sejumlah kayu mengandung senyawa-senyawa yang dapat diekstraksi yang bersifat racun dan dapat mencegah bakteri, jamur, dan rayap. Ekstraksi dapat memberikan warna dan bau pada kayu. Salah satu ekstraktif disebut resin, suatu nama yang tidak menunjukkan senyawa kimia tertentu tetapi sustu kondisi fisik. Resin dipandang sebagai campuran senyawa-senyawa yang berbeda yang bersifat mencegah terjadinya kristalisaisi.
Meskipun demikian senyawa-senyawa berikut dapat bersifat sebagai komponen resin :
-          Terpen
-          Flavonoid
-          Lignin
-          Aromatik lain
-          Stilbena
Disamping senyawa-senyawa tersebut senyawa organik lain yang terdapat dalam ekstraktif :
-          Lemak
-          Alkohol
-          Asam lemak
-          Steroid
-          Hidrokarbon tinggi
2.3.Proses Umum Pembuatan Pulp di P.T. Toba Pulp Lestari
Kayu batangan diangkut dengan menggunakan logging truk sampai ke area penampungan kayu (woodyard), kemudian diangkut masuk ke dalam debarking drum sehingga akan terjadi pengupasan kulit kayu. Setelah kayu keluar dari debarking drum, kayu akan dibawa ke washing station untuk menghasilkan mutu chip yang diperlukan untuk dimasak. Ukuran dari chip kira-kira tebalnya 4,0 mm dan panjangnya kira-kira 24 mm.
Proses pemasakan kayu yang telah dibuat menjadi chip dilakukan di digester plant. Digester adalah suatu alat pemasak chip dengan menggunakan panas dan reaksi kimia. Bahan kimia yang digunakan adalah kaustik soda (NaOH), natrium sulfida (Na2S), dan natrium karbonat (Na2CO3) yang dikenal dengan white liquor. Pemasakan biasanya dilakukan pada suhu 160-180­oC selama 120-180 menit. Proses pembuatan pulp di P.T. Toba Pulp Lestari dilakukan dengan proses Kraft (secara kimia sulfat). Bubur pulp hasil pemasakan dibawa ke tangki penghembusan (blow tank) yang berfungsi untuk menghembuskan bubur pulp menuju proses pencucian (washing).
Unit pencucian merupakan lanjutan dari proses pemasakan, dimana bubur kayu dari blow tank selanjutnya mengalami proses pencucian pada unit washing, perbandingan antara cairan dan padatan dari bubur pulp sekitar 3-4 %. Temperatur saat terjadi pencucian ±120oC. Bubur kayu yang sudah bersih dimasukkan ke tangki yang disebut unbleach tower dan dilanjutkan pada unit penyaringan dan diteruskan pada unit pemutihan.
Pada unit pemutihan biasanya dilakukan secara bertahap dengan cara memanfaatkan bahan-bahan kimia dan kondisi berbeda pada setiap tahap yang bertujuan untuk menghilangkan lignin sehingga diperoleh derajat keputihan (brightness) yang tinggi.

2.4.      Washing
2.4.1.      Dasar Operasi Washing
Proses pembuatan pulp secara kimia yang dipilih oleh P.T. Toba Pulp Lestari adalah proses Kraft yang berarti kuat dengan menggunakan NaOH dan Na2S yang disebut lindi putih (white liquor). Tujuan pencucian bubur pulp adalah :
1.      Untuk membersihkan (memurnikan) bubur pulp dari lindi pemasaknya.
2.      Untuk menghemat biaya bahan-bahan kimia pemasak agar dapat dipakai kembali.
3.      Untuk mengumpulkan bahan-bahan yang tidak larut yang dipakai kembali sebagai bahan bakar pada tahap pemasakan.
Bila pencucian kurang sempurna akan timbul kerugian antara lain :
-          pada proses pemutihan dibutuhkan pemutih yang besar jumlahnya
-          timbul busa dan lendir yang sangat mengganggu pada proses pembuatan kertas.
Prinsip dan Mekanisme Pencucian :
Dengan penambahan air, bahan-bahan yang terlarut dalam air akan larut sehingga akan didapatkan pulp yang bersih. Penggunaan air untuk pencucian tergantung dari pengolahan kembali sisa pemasakan (recovery,) untuk mengurangi polusi dilakukan penggunaan kembali air pencucian tersebut (water recycling). Pencucian ini dapat dilakukan berulang-ulang (multi stage washing), sehingga didapatkan pulp yang bersih atau digunakan air panas untuk pencucian (memurnikan efisiensi pencucian). Adapun pengaliran air untuk pencucian mengalir lambat supaya terjadi distribusi air yang baik pada pulp tanpa merusak pembentukan lembaran dan mengurangi pembentukan busa.
Bubur pulp yang telah dimasak pada unit pemasakan (digester) kemudian disaring dan dicuci (dibersihkan) dengan menggunakan air. Air berfungsi untuk menghilangkan lindi hitam (black liquor) yang dapat mengotori produk akhir dari pulp.
Sebuah sistem perputaran alat pencuci (washer) adalah serba bertahap, biasanya terdiri dari dua unit sampai lima unit. Tetapi di P.T. Toba Pulp Lestari mempunyai sstem pencucian empat tahap. Air pencuci dan aliran bubur kayu/pulp arahnya berlawanan, yang disebut counter current washing.
Alat pencuci (washer) yang berputar terdiri dari saringan (wire cloth) yang menutupi silinder tersebut. Air pencuci menggunakan shower / spray di permukaan bubur kayu secara terus-menerus.dan airnya turun ke tangki filtrate (dewatered) dengan menggunakan vakum.
Bubur kayu yang sudah dikeluarkan airnya (dewatered) dimasukkan ke suatu alat yang disebut screw conveyor dimana bubur kayu tersebut ditambah air pengencer dan masuk ke tahap kedua washer / alat pencuci. Air saringan tersebut ditampung di tangki filtrate yang letaknya di lantai bawah.
Di dalam sistem serba bertahap, bubur kayu tersebut diencerkan dengan lindi hitam baru yang akan dikirim ke washer tahap berikutnya. Dari sana proses pencuciannya terus diulang. Kekentalan bubur kayu di vat atau dipermukaan washer normalnya 1%. Sedangkan kekentalan bubur kayu sesudah diputar dari washer antara 10 %-14 %.
Dalam hal ini proses pencucian bersifat kontinyu. Dan saat ini telah dibuat indikasi yaitu pencucian atau pembersihan yang cukup efisien, dengan mengandung lebih banyak padatan dalam lindi hitam encer ke evaporator. Filtrat dari lindi hitam sebagian besar disalurkan ke dalam alat penguapan (evaporator). Ini merupakan filtrat pertama. Bilamana pencucian bubur pulp sebelum dipompakan ke dalam evaporator untuk penguapan.
Lindi hitam encer akan mengandung serat (fiber) yang jumlahnya berbeda-beda, tergantung pada kondisi alat penyaring pada digester. Bubur pulp ini akan memberi pengaruh buruk pada penguapan itu, dimana cenderung akan menumpuk dan mengurangi kapasitas pemanasan. Oleh karenanya penyaringan lindi hitam sering dilakukan untuk memperkecil jumlah serat-serat yang akan terbawa ke dalam evaporator ataupun tower evaporasi lindi hitam.
Air panas yang digunakan untuk mencuci di washer# 4 dengan temperatur 70oC. Air pencuci yang dipakai di washer# 4 kemudian dipakai untuk mengencerkan bubur kayu yang akan masuk ke washer# 4 serta untuk mencuci bubur kayu pada washer sebelumnya. Lindi hitam untuk mencuci bubur kayu di washer# 4 dapat memberikan kekentalan / kekuatan untuk masing-masing tahap dan di dalam kotoran bubur kayu untuk masing-masing tahap. Lindi hitam tersebut lalu dipompakan ke bagian evaporator (system recovery) dan bubur kayu yang sudah bersih dari washer terakhir dimasukkan ke tangki yang disebut unbleach tower.
Antara 98 %- 99 % dari bahan kimia yang dipakai keluar dari bubur pulp yang dicuci. Kandungan soda dari bubur pulp maksimal kira-kira 10 kg Na2SO4 per ton pulp kering, dan soda itu begitu kuat terikat pada bubur pulp. Natrium tersebut meninggalkan sistem pencucian (bersama bubur pulp) dalam bentuk natrium sulfat yang bersifat organik yang dinyatakan sebagai Na2SO4.

2.4.2.      Uraian Proses Washing
Dari dua tangki blow hasil dari pemasakan di digester, pulp penyimpanan diencerkan kira-kira 3,0 % - 3,5 % kekentalannya lalu dipompakan ke area pencucian (washing). Dibagian bawah tangki blow diencerkan dengan memakai pompa yaitu pompa liquor 421 PC-301 yang lokasinya di daerah washing. Aliran pulp stock datang dari tangki blow disetel dengan dua aliran katup kontrol FIC-171 dan FIC 172. Pulp stock dimasukkan ke radiscreen, di pipa mau masuk ke radiscreen diencerkan oleh katup kontrol FIC 213 sampai kira-kira 2 % kekentalannya. Pulp yang diterima dari radiscreen masuk ke washer #1 vat dan serat kasar serta serat kayu masuk ke raditrim. Mata kayu dipisahkan lagi dari raditrim dan dikirim ke screw press #1 dan yang diterima di raditrim masuk ke washer #1 vat.
Kekentalan dari tangki blow “A” dan “B” dijaga pada 3,5 % - 4,0 % oleh alat pengukur NIC-169 dan NIC-170. Peralatan raditrim dilengkapi dengan scraptrap yang dapat memisahkan batu, bijian, besi dan material lain dari pulp. Peralatan scraptrap terdiri dari katup isolasi KV-520A, katup KV-520B, katup pembersih / flushing KV-520C, katup kent KV-520D, dan katup dilusi KV-520E. Semua katup ini dioperasikan secara bergantian sesuai dengan kontrol waktu yang ditentukan. Katup flushing dan katup dilusi dalam posisi tertutup selama tempat kosong. Dari radiscreen pulp yang diterima ke washer #1 diencerkan menjadi 1,0 % - 1,5 % kekentalannya oleh katup kontrol FIC-038 sebelum masuk ke washer #1 vat. Serat kasar dan mata kayu diolah kembali oleh raditrim yang mana dipisahkan antara mata kayu dan material yang lainnya. Pulp yang diterima dari raditrim dipompakan kembali ke pipa stock yang ke washer #1. Pulp stock yang masuk ke washer #1, setelah keluar dari washer kira-kira 12 % - 14 %, kekentalannya dan untuk mencuci pulp tersebut diambil dari lindi hitam dari tangki filtrat #2 melalui pompa 421 PC-035 dan aliran lindi hitam tersebut dikontrol oleh FIC-042. Pulp stock yang tebal tersebut masuk ke High Speed Repulper dan Low Speed Repulper (A 007 dan A 008) dan diencerkan menjadi 1,0 % - 1,5 % kekentalannya dengan katup HIV-041 dan pulp stock tersebut masuk ke washer #2. Pulp stock yang tebal dari washer #2 vat kembali dicuci oleh lindi hitam yang kadarnya lebih rendah dari tangki filtrat #3 melalui pompa 421 PC-306 aliran tersebut akan dikontrol oleh FIC-046 dan kekentalan pulp tersebut kira-kira 12 % - 14 %.
Pulp stock yang tebal dari washer #2 dimasukkan ke sebuah repulper A-110 dan pulp tersebut diencerkan oleh lindi hitam dari tangki filtrat #3 melalui pompa 421 PC-304 dan katup HIV-045, dimana stock pulp tersebut dicuci dan ditebalkan di washer #3. Untuk mencucinya digunakan lindi hitam yang berkadar rendah dari tangki filtrat #4 melalui pompa PC-407 dan dikontrol oleh FIC-049. Stock pulp masuk ke sebuah repulper conveyor (A-013) dimana stock pulp tersebut diencerkan lindi hitam dari tangki filtrat #4 dan dikontrol oleh FIC-050 dan masuk ke sebuah tangki yang disebut wash stock tank pada kekentalan kira-kira 4 % - 5 %. Wire washer dijaga agar selalu bersih dengan disepraikan lindi hitam ke wire washer dari pompa 421 PC-307, PC-308, PC-309. Lindi hitam dari tangki foam T-031 dipompakan melalui 421 PC-312 ke saringan lindi hitam (liquor filter) dimana serat dan material kecil dipisahkan sebelum dipompakan ke area evaporator. Lindi hitam yang sudah disaring lalu dikirim memakai pompa 421 PC-313 ke area evaporator dengan sebuah alat pengontrol ketinggian /level control valve) LIC-036.



2.5.      Kehilangan Soda
2.5.1.      Washer Losses
Pada awalnya penekanan washer losses dalam pengembalian / pemutihan bahan kimia, terutama kandungan natrium. Oleh karenanya kehilangan soda (jumlah sisa senyawa natrium yang tidak bisa diambil dari pulp hasil pemasakan) secara tradisional dilaporkan sebagai Na2SO4 yang terbawa oleh bubur pulp hasil pencucian yang ekuivalen dengan jumlah salt cake (bahan-bahan kimia) yang ditambahkan ke dalam sistem pemulihan kembali bahan kimia pemasak untuk menjaga keseimbangan natrium dalam sistem itu. Sehubungan dengan salt cake (bahan-bahan kimia) dalam pulp tercuci adalah sangat kecil serta perbandingan kandungan natrium dalam padatan terlarut juga bisa sangat bervariasi.
Oleh karena itu cara terbaik untuk menentukan kehilangan soda tersebut pertama-tama dihitung sebagai berat kering padatan terlarut per satuan berat pulp kemudian dikonversikan sebagai jumlah senyawa natrium, dalam hal ini misalnya Na2SO4/ton pulp.
Oleh karena setiap pabrik pulp mempunyai perbedaan dalam faktor-faktor yang berpengaruh pada proses pencucian seperti jenis kayu, proses pemasakan, metode pencucian dan sebagainya. Maka setiap pabrik harus menentukan masing-masing ekuivalen antara kandungan natrium dari berbagai konsentrasi padatan terlarut dalam lindi hitam yang berasal dari berbagai tahapan proses. Selanjutnya, hubungan penentuan Na+ secara mudah dapat dilakukan dengan Metode Atomik Absorbtion atau Flame Photometer dan sebagainya.
Kandungan soda dari bubur pulp maksimal kira-kira 10 kg Na2SO4/ton pulp kering, dan soda itu begitu kuat terikat dalam bubur pulp. Natrium tersebut meninggalkan sistem pencucian (bersama bubur pulp) dalam bentuk natrium sulfat yang bersifat organik yang dinyatakan sebagai Na2SO4. Kehilangan soda didefenisikan sebagai kandungan soda dalam pulp yang meninggalkan sistem pencucian dinyatakan sebagai berat Na2SO4 per ton pulp kering tanur.
2.5.2.      Permasalahan pada Soda Loss
Dibawah ini adalah beberapa kemungkinan penyebab serta tindakan yang disarankan jika kehilangan soda terlalu tinggi :
Tabel 3. Penyebab dan tindakan yang disarankan jika kehilangan soda terlalu tinggi.
No
Kemungkinan Penyebab
Tindakan yang Disarankan
a.
Terlalu sedikit air pencuci yang dipakai pada washer #4
Tambahkan jumlah air pencuci pada batas-batas tertentu sehingga dicapai keseimbangan dengan % solid pada WBL yang dikirim ke evaporator
b.
Tinggi cairan yang terlalu tinggi dalam tangki filtrat akan memperpendek jarak jatuhnya cairan sehingga akan mengurangi gaya vakum dalam washer
Penurunan tinggi cairan dalam tangki dengan memompakannya ke evaporator atau dengan mengurangi jumlah air pencuci yang digunakan
c.
Tinggi cairan yang terlalu tinggi pada vat washer karena adanya busa dan kemasukan udara
Tinggi cairan dikontrol dengan menambahkan defomer
d.
Rendahnya efisiensi washer, terutama pada saat pembentukan lembaran pada drum dan lembaran pulp yang sulit tersangkut
Meningkatkan gaya vakum pada washer
BAB III
BAHAN DAN METODE

3.1.      Alat-alat
a.           Buret digital                                            pyrex
b.          Oven                                                       ---
c.           pH Meter                                     ---
d.          Neraca analitis                                         preston
e.           Magnetic bar                                           preston
f.           Magnetic stirrer                                       ---
g.          Beker plastik                                           pyrex 500 ml
h.          Vakum sheet                                           ---

3.2.Bahan-bahan
a.             Larutan HCl 0,0969 N
b.            Sampel
c.             Air Destilat

3.3.      Proses Analisa
3.3.1.      Penyiapan Sampel
Pengambilan sampel dilakukan pada tangki yang disebut vakum washer dengan kapasitas 600.000 liter milik P.T. Toba Pulp Lestari. Dalam hal ini pengambilan sampel dilakukan setiap 2 jam sekali apabila pabrik melakukan proses setiap hari.

Proses pengambilan sampel :
Diambil sampel dengan menggunakan ember kecil, dengan cara dicedokkan ember tersebut ke dalam vakum washer IV. Sampel inilah kemudian yang akan dianalisa di Laboratorium Quality Control.
3.3.2.          Cara Kerja
3.3.2.1.        Tahap Penentuan pH
a.           Dimasukkan air destilat hangat dengan suhu kira-kira 60o-70oC ke dalam beker plastik.
b.          Diletakkan beker plastik diatas stirrer bar.
c.           Diaduk dengan menggunakan magnetik stirrer.
d.          Diukur pH air destilat tersebut dengan menggunakan pH meter, lalu ditambahkan HCl ke dalam air destilat hingga pH larutan menjadi 4,3.
e.           Setelah pH larutan menjadi 4,3 lalu ditambahkan sampel ke dalam larutan tersebut sehingga pH larutan menjadi basa.
f.           Ditambahkan kembali HCl ke dalam campuran sampel hingga pH campuran turun menjadi 4,3.
g.          Dicatat volume HCl yang terpakai pada penambahan yang kedua.
3.3.2.2.        Tahap Pembuatan Sheet dan Pengeringan
a.           Sampel dimasukkan ke dalam alat sheeter
b.          Dimasukkan air ke dalam alat vakum sheet lalu dipompa hingga airnya keluar hingga sampel menjadi bentuk lembaran (sheet).
c.           Dimasukkan ke dalam oven untuk dikeringkan dengan suhu kira-kira 105-110oC selama ± 30 menit.
d.          Ditimbang sampel yang telah kering dan dicatat sebagai berat kering.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1.Data Hasil Pengamatan
Tabel 4. Tabel Data Analisa
Tanggal
Waktu pengerjaan
V HCl (ml)
Berat kering (g)
Soda loss


27 Januari 2006
08.00
1,14
1,0893
7,20
10.00
1,23
1,0989
7,70
12.00
1,25
1,1621
7,40
14.00
1,53
1,6164
6,51
16.00
1,60
1,5288
7,23

28 Januari 2006
08.00
2,23
2,0782
7,40
10.00
2,35
1,8393
6,33
12.00
2,16
2,2180
6,70
14.00
2,54
2,9125
6,00
16.00
2,20
2,4025
6,30

30 Januari 2006
08.00
2,38
2,3730
6,90
10.00
2,17
2,2968
6,50
12.00
2,20
2,5226
6,00
14.00
2,19
2,5110
6,00
16.00
2,30
2,6373
6,00

31 Januari 2006
08.00
2,22
2,2796
6,70
10.00
2,17
1,9553
7,60
12.00
2,20
1,8895
7,10
14.00
2,19
1,5846
7,10
16.00
2,30
1,8254
7,50

1 Pebruari 2006
08.00
2,15
1,8247
8,11
10.00
2,33
1,3301
6,88
12.00
2,24
2,4678
6,24
14.00
2,18
2,0287
7,39
16.00
2,06
2,2038
6,43
4.2.            Perhitungan
4.2.1.      Mencari Soda Yang Hilang
Keterangan :
a.       VHCl           = Volume HCl yang ditambahkan setelah penambahan sampel
b.      NHCl           = Konsentrasi HCl yang terpakai
c.       Be Na2SO4    = Berat ekivalen Na2SO4 yang dipakai
d.      Berat kering = Berat sampel setelah dikeringkan
Sebagai contoh Untuk Hari Pertama :
SL = 7,2 kg/ton
Untuk sampel yang lain caranya sama. Data ada dalam tabel 4.
4.2.2.      Mencari Rata-rata Soda Loss Per-hari
Rata-rata
Sebagai contoh Untuk Hari Pertama
Rata-rata
Rata-rata SL perhari = 7,208 kg/ton.
Untuk hari berikutnya cara perhitungannya sama. Data ada dalam tabel 5.


Tabel 5. Tabel Rata-rata Harian Soda Loss
Tanggal
Rata-rata Soda Loss Harian
27 Januari 2006
7,208 kg/ton
28 Januari 2006
6,546 kg/ton
30 Januari 2006
6,28 kg/ton
31 Januari 2006
7,3 kg/ton
1 Februari 2006
7,01 kg/ton

4.3.Pembahasan
Kehilangan soda didefenisikan sebagai kandungan soda dalam pulp yang meninggalkan sistem pencucian dinyatakan sebagai berat Na2SO4/ton pulp kering tanur.
Berarti pada hari pertama rata-rata Na2SO4 yang ditambahkan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 untuk menghilangkan sodanya sebanyak 7,208 kg setiap 1 ton pulp, pada hari kedua dibutuhkan Na2SO4 6,546 kg setiap ton pulp, untuk hari ketiga dibutuhkan Na2SO4 6,28 kg setiap ton pulp, untuk hari keempat dibutuhkan Na2SO4 7,3 kg setiap ton pulp, untuk hari kelima dibutuhkan Na2SO4 7,01 kg setiap ton pulp. Dari 5 hari pengamatan soda loss di P.T. Toba Pulp Lestari masih memenuhi standart perdagangan pulp yaitu sekitar 6-7 kg/ton.
Pada perdagangan pulp kadar keputihan (brightness) sangat mempengaruhi kualitas dari pulp itu sendiri. Dan kadar (keputihan) brightness  itu sendiri sangat ditentukan oleh kadar soda yang hilang pada proses washing 4.
Pada proses washing banyak hal-hal yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya kadar soda, oleh sebab itu hal-hal lain juga perlu diperhatikan karena tinggi atau rendahnya kadar soda pada pulp sangat mempengaruhi kadar keputihan (brightness) dari pulp tersebut.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1.Kesimpulan
Dari hasil analisa yang dilakukan di P.T. Toba Pulp Lestari dapat disimpulkan bahwa :
1.      Range Soda Loss pada analisa 6,28 - 7,3 kg/ton pulp.
2.      Soda Loss sangat penting karena mempengaruhi brightness/keputihan pulp dimana pada perdagangan pulp kadar keputihan ini akan mempengaruhi kualitas pulp tersebut.
3.      Kadar Soda Loss P.T. Toba Pulp Lestari,Tbk masih memenuhi standart perdagangan pulp yang telah ditetapkan yaitu sekitar 7 - 8 kg/ton pulp.
5.2.Saran
Diharapkan kepada analis agar pada waktu menentukan pH-nya lebih berhati-hati dan teliti karena kesalahan sedikit saja dapat merusak hasil analisa dan dapat mengurangi ketelitian hasil kerja.


0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Penting, Harap Di Baca !!!

Sahabat mahasiswa seluruh Indonesia ...
Anda tahu, berdasarkan pengalaman saya pada waktu dulu menyusun skripsi, hal yang menyebabkan tidak kunjung selesai adalah kurangnya bahan referensi. untuk mencari referensi biasanya Anda mengunjungi perpustakaan.
Dan ini masalah terbesarnya. Di Perpustakaan Anda tidak bisa meminjam dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu lama. belum lagi Anda harus mengetik ulang. Makan waktu kan ? Karena itu, saya ingin membantu anda. Agar anda mudah menemukan Contoh skripsi yang baik, lengkap, dan terpecaya untuk menyelesaikan tugas akhir anda yang sudah di lengkapi dengan judul skripsi, proposal skripsi, metodologi penelitian, bab I sampai daftar pustaka, semua skripsi dalam format .doc sebagai contoh : Skripsi Gratis.doc.
Apa yang anda dapatkan pada paket Download Skripsi:..
UPDATE BULAN MEI 2012
  1. Anda memiliki banyak sekali pilihan Skripsi FULL CONTENT. Semua skripsi lengkap dari BAB Awal sampai BAB Akhir, Proposal, Kesimpulan, Daftar Pustaka, Lampiran, Hasil Penelitian, Toefl, Jurnal, dan File Bertype .DOC / DOCX (Microsoft Word).
  2. Paket DVD terdiri dari 2 pilihan DVD dan lebih dari 4000 skripsi.
  3. Paket 1 DVD Hanya Rp.100.000-,
  4. paket 2 DVD Hanya Rp.150.000-,
  5. Ratusan skripsi sudah dikelompokkan per Jurusan.
  6. Skripsi Jurusan Komputer dan Skripsi Teknik Informatika, di lengkapi Source Code dan Listing Program.
  7. Skripsi dapat langsung anda kembangkan atau hanya sekedar referensi.
  8. Dan tidak ketinggalan Bonus Premium, Bonus Script Bisnis, dan Tutorial Hacking dapat di download pada halaman Member.
Perhatian: Bonus dan Tutorial tidak ada pada DVD. Jadi, hanya dapat didownload pada halaman member. Dalam DVD hanya Khusus Skripsi.
Pesan Sekarang Juga ..
Dengan memesan sekarang juga, anda akan menghemat banyak uang dan waktu, mendapatkan ribuan skripsi terbaru, Tesis Gratis, dan paling lengkap di Indonesia. Anda mendapatkan Paket DVD dan dapat men-Download Langsung pada halaman download. Pesan sekarang juga..
Hanya Dengan..
Rp. 100.000,-
+ Anda Sudah Bisa Memiliki File Ribuan Skripsi +
Anda Mendapatkan Semua Skripsi Terbaru, FULL Pada Paket 1 DVD! Plus Download Bonus Premium Terlengkap Se-Indonesia!
Kata Kunci Pencarian :

Skripsi, Download Skripsi, Contoh Skripsi, Judul Skripsi, Proposal Skripsi, Tugas Akhir, Tesis Gratis, Skripsi Lengkap, Program Skripsi

Copyright : skripsidownloadgratis.blogspot.com