Subscribe:

Subscribe now!

Get our latest posts in your email for free.

Kamis, 21 Juni 2012

FILE ARSIP SKRIPSI : DOWNLOAD SKRIPSI KIMIA GRATIS | SKRIPSI LENGKAP SEMUA JURUSAN


DI BAWAH INI ADALAH BAB I DARI CONTOH KUMPULAN SKRIPSI LENGKAP KIMIA, UNTUK MENDAPATKAN JUDUL, TESIS, PROPOSAL, TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI KIMIA LAINNYA BISA ANDA LIHAT DISINI 





 
ADSORBSI LIMBAH ZAT WARNA TEKSTIL JENIS PROCION RED MX 8B OLEH KITOSAN DAN KITOSAN SULFAT HASIL DEASETILASI
KITIN CANGKANG BEKICOT (Achatina fullica)

 

Disusun Oleh :
PUJI ASTUTI
M 0302006


SKRIPSI
Ditulis dan diajukan untuk memenuhi sebagian
persyaratan mendapatkan gelar Sarjana Sains Kimia


FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2007
HALAMAN PENGESAHAN
Skripsi ini dibimbing oleh :


Pembimbing I

Triana Kusumaningsih, M.Si

NIP 132 240 166
Pembimbing II


Drs. Pranoto, M.Sc

NIP  131 415 239

Dipertahankan didepan TIM Penguji Skripsi pada :
Hari         :  Sabtu
Tanggal   :  29 September 2007

Anggota TIM Penguji :
1. Soerya Dewi Marliyana, MSi.
    NIP. 132 162 561
2. I.F. Nurcahyo, MSi.
    NIP. 132 308 801

1.  ………………………………

2.  ………………………………


Disahkan oleh
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Sebelas Maret Surakarta


Dekan,


Prof. Drs. Sutarno, MSc, PhD
ii
 
NIP. 131 649 948
Ketua Jurusan Kimia,


Drs. Sentot Budi Rahardjo, PhD
NIP. 131 570 162
PERNYATAAN


Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi saya yang berjudul ADSORBSI LIMBAH ZAT WARNA TEKSTIL JENIS PROCION RED MX 8B OLEH KITOSAN DAN KITOSAN SULFAT HASIL DEASETILASI KITIN CANGKANG BEKICOT (Achatina fullica) adalah benar-benar hasil penelitian sendiri dan tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat kerja atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

 


Surakarta,  Oktober 2007


PUJI ASTUTI




ABSTRAK

Puji Astuti, 2007. ADSORPSI LIMBAH ZAT WARNA TEKSTIL JENIS PROCION RED MX 8B OLEH KITOSAN DAN KITOSAN SULFAT HASIL DEASETILASI KITIN CANGKANG BEKICOT (Achatina fullica).  Skripsi.  Jurusan Kimia. Fakultas MIPA. Universitas Sebelas Maret.

Penelitian tentang adsorpsi zat warna Procion Red MX 8B telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan kitosan setelah diubah menjadi kitosan sulfat dalam menyerap limbah zat warna dan untuk mengetahui kondisi optimum dari penyerap terhadap penurunan kadar zat warna tekstil Procion Red MX 8B, serta menentukan jenis isoterm dan sifat adsorpsi yang sesuai untuk adsorpsi zat warna tekstil.
Isolasi kitin dari cangkang bekicot dilakukan melalui proses deproteinasi dan demineralisasi. Kitosan hasil deasetilasi kitin cangkang bekicot diubah menjadi kitosan sulfat melalui penempelan ion sulfat dari larutan amonium sulfat 0,1 M. Identifikasi  gugus fungsi cangkang bekicot, kitin, kitosan dan kitosan sulfat menggunakan instrumen Fourier Transformer Infrared (FTIR). Proses adsorpsi dilakukan dengan metode Bacth meliputi variasi pH, variasi waktu kontak dan variasi konsentrasi. Analisis terhadap adsorpsi Procion Red MX 8B menggunakan spektrofotometer Ultraviolet-Visible. Jenis isoterm adsorpsi diuji dengan isoterm adsorpsi Langmuir dan Freundlich. Uji desorpsi memakai akuades.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen isolasi kitin, pembuatan kitosan dan kitosan sulfat adalah sebesar 18,262 %, 9,597 % dan 8,657 %. Kondisi optimum adsorpsi zat warna Procion Red MX 8B oleh kitosan terjadi pada pH 2, waktu kontak 15 menit, konsentrasi 35 ppm sedangkan untuk kitosan sulfat pada pH 2, waktu kontak 15 menit, konsentrasi 40 ppm. Isoterm adsorpsi yang dominan untuk adsorpsi kitosan  dan kitosan sulfat terhadap Procion Red MX 8B adalah isoterm Langmuir. Adsorpsi zat warna Procion Red MX 8B menggunakan kitosan sulfat mempunyai daya serap lebih besar dibandingkan dengan kitosan. Hasil adsorpsi kitosan sulfat terhadap kitosan pada larutan Procion Red MX 8B naik sebesar 17,31 % dan pada limbah zat warna Procion Red MX 8B naik sebesar 16,29 %. Proses adsorpsi menghasilkan interaksi yang kuat antara zat warna Procion Red MX 8B  dengan penyerap sehingga zat warna hampir tidak dapat didesorpsi.

Kata Kunci :  Kitin, Kitosan, Cangkang Bekicot, Adsorpsi, Procion Red MX 8B.



 
ABSTRACT

Puji Astuti, 2007. ADSORPTION OF TEXTILE PROCION RED MX 8B DYE WASTEWATER BY CHITOSAN AND CHITOSAN SULFATE PRODUCED BY DEACETYLATION OF ACHATINA SHELL (Achatina fullica). Thesis. Department of Chemistry.  Mathematic and Science Faculty. Sebelas Maret University.

It is research about the desorption of Procion Red MX 8B dye that has been done and the objective of this research is to knows the efectivitas chitosan after change to chitosan sulfate for the textile dye waste absorption, to find out the optimum condition of the absorbent toward the derivation of textile dye content in the solution, and to find out the isotherm type and characteristic absorption which appropriate for the textile dye absorption.
Isolation of chitin from achatina shell was done by deproteination and demineralization. Chitosan produced by deacetylation of achatina shell has been change to chitosan sulphate by impregnation of sulphate ion from ammonium sulphate 0.1 M. Identification of functional group for achatina shell, chitin, chitosan and chitosan sulphate was done by Fourier Transformer Infrared (FTIR). Adsorption process was done by Batch method with variation of pH, contact time and variation of. The analysis of adsorption of Procion Red MX 8B is by Ultraviolet-Visible Spectroscopy. The types of the adsorption isotherm were analyzed by Langmuir and Freundlich isotherm. Desorption test was use aquadest.
The result showed that rendemen chitin, chitosan and chitosan sulfate were 18,262 %, 9,597 % dan 8,657 %. The optimum condition of Procion Red MX 8B dye adsorption by chitosan was pH of 2, contact time of 15 minutes, concentration of 35 ppm whereas chitosan sulphate was pH of 2, contact time of 15 minutes, concentration of 40 ppm. The dominant adsorption isotherm for Procion Red MX 8B dye adsorption by chitosan and chitosan sulphate was Langmuir isotherm. Conversion of chitosan to chitosan sulphate has been able to rise of the adsorption capacity. The yield adsorption of chitosan sulphate to chitosan in Procion Red MX 8B  was up 17.31 % and 16.29 % in Procion Red MX 8B  dye wastewater. The adsorption process result the strong interaction between Procion Red MX 8B with adsorbent, so the dyes almost can’t be desorp.


Key word :  Chitin, Chitosan, Achatina Shell, Adsorption, Procion Red MX 8B.


PERSEMBAHAN



Karya kecilku ini kupersembahkan kepada :
Ø  Suami tercinta, atas ketulusan dan keikhlasannya  mendampingiku
Ø  Bapak dan Ibu tercinta, atas bimbingan, cinta, kasih sayang, dan perhatian untuk Ananda yang tak pernah mengenal lelah. 
Ø  Semua orang yang selalu menyayangiku dengan tulus.
Ø  Almamater 


 
 
KATA PENGANTAR

Bismillaahirrohmaanirrohim
Segala puji syukur kehadirat Allah SWT, karena Ridhlo-Nya skripsi ini, yang berjudul “Adsorpsi Limbah Zat Warna Tekstil Jenis Procion Red MX 8B oleh Kitosan dan Kitosan Sulfat Hasil Deasetilasi Kitin Cangkang Bekicot (Achatina fullica)” hingga selesai dengan baik.
Skripsi ini disusun sebagai hasil penelitian yang telah penulis lakukan untuk memenuhi sebagian syarat guna memperoleh gelar Sarjana Sains pada Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penulis telah banyak menerima bantuan, dorongan dan pertunjuk serta fasilitas dalam pengerjaan skrispsi ini.  Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada :
1.      Bapak Prof. Drs.Sutarno, M.Sc, Ph.D selaku Dekan FMIPA UNS.
2.      Bapak Drs. Sentot Budi Rahardjo, Ph.D selaku Ketua Jurusan  Kimia.
3.      Ibu Triana Kusumaningsih, M.Si selaku dosen pembimbing I yang telah berkenan meluangkan waktu dan memberikan bimbingan yang berguna demi terselesaikannya skripsi ini.
4.      Bapak Drs. Pranoto, MSc. selaku dosen pembimbing II yang dengan penuh kesabaran telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini.
5.      Bapak dan Ibu  Dosen di Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret  atas semua ilmu yang berguna dalam penyusunan skripsi ini.
6.      Bapak Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, M. Si., selaku Ketua Sub Laboratorium Kimia Laboratorium Pusat FMIPA UNS dan semua staffnya.
7.      Bapak Abu Masykur, M.Si., selaku Ketua Laboratorium Kimia Dasar FMIPA UNS beserta staffnya : Mbak Nanik dan Mas Anang.
8.      Kepala Laboratorium Kimia Organik UII Yogyakarta beserta teknisi.
9.     
viii
 
Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini
Penulis sadar bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna.  Harapan penulis semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kita semua. Amin






Surakarta, Oktober 2007



Puji Astuti

 
DAFTAR ISI

                                                                                                                    Halaman
HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN............................................................................... ii
HALAMAN PERNYATAAN ............................................................................. iii
HALAMAN ABSTRAK....................................................................................... iv
HALAMAN ABSTRACT...................................................................................... v
HALAMAN MOTTO............................................................................................ vi
HALAMAN PERSEMBAHAN........................................................................... vii
KATA PENGANTAR......................................................................................... viii
DAFTAR ISI........................................................................................................... x
DAFTAR TABEL................................................................................................ xiv
DAFTAR GAMBAR....................................................................................... .... xv
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................... xvi
TABEL LAMPIRAN.......................................................................................... xvii
GAMBAR LAMPIRAN.................................................................................... xviii
BAB I.  PENDAHULUAN.................................................................................... 1
A.   Latar Belakang............................................................................................. 1
B.   Perumusan Masalah..................................................................................... 4
1.      Identifikasi Masalah.............................................................................. 4
2.      Batasan Masalah................................................................................... 5
3.      Rumusan Masalah................................................................................. 6
C.   Tujuan Penelitian......................................................................................... 6
D.   Manfaat Penelitian....................................................................................... 7
BAB II.  LANDASAN TEORI.............................................................................. 8
  1. Tinjauan Pustaka.......................................................................................... 8
1.      Bekicot.................................................................................................. 8
2.      Kitin...................................................................................................... 9
3.      Kitosan................................................................................................ 12
4.     
x
 
Kitosan Sulfat..................................................................................... 14
5.      Derajat Deasetilasi.............................................................................. 15
6.      Zat Warna Procion Red MX 8B ......................................................... 16
7.      Spektroskopi Inframerah..................................................................... 20
8.      Spektroskopi UV-Vis.......................................................................... 21
9.      Adsorpsi.............................................................................................. 22
  1. Kerangka Pemikiran................................................................................... 25
  2. Hipotesis.................................................................................................... 26
BAB III.  METODOLOGI PENELITIAN.......................................................... 27
A.    Metode Penelitian...................................................................................... 27
B.     Tempat dan Waktu Penelitian.................................................................... 27
C.     Alat dan Bahan yang Digunakan............................................................... 28
1.          Alat yang Digunakan......................................................................... 28
2.          Bahan yang Digunakan................................................................       28
D.    Prosedur Penelitian.................................................................................... 29
1.      Preparasi Kitin dan Kitosan................................................................. 29
a.       Persiapan Bahan.......................................................................... 29
b.      Proses Deproteinasi..................................................................... 29
c.       Proses Demineralisasi.................................................................. 29
d.      Proses Deasetilasi Kitin.............................................................. 29
e.       Penempelan Ion Sulfat pada Kitosan......................................... 29
2.      Karakterisasi Kitosan........................................................................... 30
a.       Kadar Air.................................................................................... 30
b.      Kadar Abu.................................................................................. 30
c.       Berat molekul.............................................................................. 30
d.      Derajat Deasetilasi...................................................................... 31
3.     Karakterisasi Kitosan Sulfat.............................................................. 31
........ a.    Kadar Air................................................................................... 31
........ b.    Kadar Abu................................................................................. 31
........ c.     Jumlah Ion Sulfat yang Menempel........................................... 31
4.     Adsorpsi Larutan Procion Red MX 8B ............................................. 32
a.      
xi
 
Pembuatan Spektrum Absorpsi Zat Warna................................. 32
b.      Pembuatan Kurva Standar Untuk Spektroskopi UV-Vis........... 32
c.       Orientasi pH Larutan Procion Red MX 8B ................................ 32
d.      Orientasi Waktu Pengadukan..................................................... 32
e.       Orientasi Konsentrasi Larutan Procion Red MX 8B .................. 32
            5.     Penentuan Sifat Adsorpsi.................................................................. 33
                     a.    Adsorpsi Larutan Zat Warna..................................................... 33
                     b.    Desorpsi..................................................................................... 33
6.          Aplikasi Limbah................................................................................. 33
A.    Pengumpulan dan Analisis Data................................................................ 34
1.      Pengumpulan Data............................................................................... 34
2.      Analisis Data........................................................................................ 35
BAB IV.  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.................................. 36
A.     Preparasi Adsorben................................................................................... 36
1.      Pemurnian Kitin................................................................................... 36
2.      Pembentukan Kitosan.......................................................................... 39
3.      Karakterisasi Kitosan........................................................................... 41
4.      Pembentukan Kitosan Sulfat............................................................... 42
5.      Karakterisasi Kitosan Sulfat................................................................ 43
B.    Proses Adsorpsi......................................................................................... 45
1.      Pembuatan Spektrum Absorbansi Procion Red MX 8B..................      45
2.      Penentuan pH Optimum...................................................................... 45
3.      Penentuan Waktu Kontak Optimum................................................... 48
4.      Penentuan Isoterm Adsorpsi...........................................................      49
5.      Penentuan Sifat Adsorpsi...............................................................      52
C.    Aplikasi Limbah......................................................................................... 54
BAB V.  KESIMPULAN DAN SARAN............................................................ 56
A.             Kesimpulan........................................................................................... 56
B.              Saran..................................................................................................... 56
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 57
LAMPIRAN – LAMPIRAN................................................................................ 61


xii
 

DAFTAR TABEL


                                                                                                                     Halaman
Tabel 1.     Harga Kira-kira Absorbansi IR....................................................... .... 21           
Tabel 2.     Rendeman pada Setiap Tahap Pemurnian Kitin.................................. 36
Tabel 3.     Karakterisasi Kitosan Hasil Deasetilasi Kitin...................................... 41
Tabel 4.     Karakterisasi Kitosan Sulfat................................................................ 43
Tabel 5.     Data Parameter Isoterm Adsorpsi........................................................ 52
Tabel 6.     Data Adsorpsi dan Desorpsi Kitosan terhadap Larutan Zat Warna Procion Red MX 8B pada Kondisi Optimum................................................................................ 53
Tabel 7.     Data Adsorpsi dan Desorpsi Kitosan Sulfat terhadap Larutan Zat Warna Procion Red MX 8B pada Kondisi Optimum                                                                        53
Tabel 8.     Data Adsorpsi dan Desorpsi Kitosan terhadap Limbah Zat Warna Procion Red MX 8B pada Kondisi Optimum................................................................................ 54
Tabel 9.     Data Adsorpsi dan Desorpsi Kitosan Sulfat terhadap Limbah Zat Warna Procion Red MX 8B pada Kondisi Optimum                                                                        55





DAFTAR GAMBAR


                                                                                                                     Halaman
Gambar 1.    Struktur Selulosa................................................................................. 9
Gambar 2.    Struktur Kitin.................................................................................... 10
Gambar 3.    Sturktur Kitosan............................................................................... 12
Gambar 4.    Pemilihan garis dasar metode base line menggunakan spektra
.................... FTIR................................................................................................. 16
Gambar 5.... Klorida Sianurat................................................................................ 17
Gambar 6.... Struktur Zat Warna........................................................................... 17
Gambar 7.... Reaksi Pembuatan Zat Warna Procion Red MX 8B......................... 17
Gambar 8.... Reaksi antara Zat Warna dan Selulosa pada Kondisi Asam............. 18
Gambar 9. .. Reaksi antara Zat Warna dan Selulosa pada Kondisi Basa.............. 19
Gambar 10. Struktur Zat Warna Procion Red MX 8B ......................................... 19
Gambar 11.  Spektra Inframerah Cangkang Bekicot............................................ 37 
Gambar 12. Spektra Inframerah Kitin.............................................................      38
Gambar 13. Mekanisme Reaksi Deasetilasi.......................................................... 39 
Gambar 14. Spektra Inframerah Kitosan.............................................................. 40
Gambar 15.  Spektra Inframerah Kitosan Sulfat..............................................      44
Gambar 16. Spektrum Absorbansi Zat Warna Procion Red MX 8B.................... 45             
Gambar 17. Kurva Adsorpsi Zat Warna oleh Kitosan dan Kitosan Sulfat pada Variasi pH                        46
Gambar 18.  Reaksi Procion Red MX 8B dan Kitosan pada Kondisi Asam......... 47 
Gambar 19. Kurva Adsorpsi Zat Warna oleh Kitosan dan Kitosan Sulfat pada Variasi Waktu Kontak     ..................................................................................................... 49
Gambar 20. Kurva Adsorpsi Zat Warna oleh kitosan dan Kitosan Sulfat pada Variasi Konsentrasi           ..................................................................................................... 50
Gambar 19.  Grafik Persamaan Isoterm Adsorpsi oleh Kitosan............................ 51
                     a. Grafik Isoterm Adsorpsi Langmuir............................................... 51
                     b. Grafik Isoterm Adsorpsi Freundlich............................................. 51
xiv
 
Gambar 20.  Grafik Persamaan Isoterm Adsorpsi oleh Kitosan Sulfat................. 51
                     a. Grafik Isoterm Adsorpsi Langmuir............................................... 51
                     b. Grafik Isoterm Adsorpsi Freundlich............................................. 51

 
DAFTAR LAMPIRAN

                                                                                                                     Halaman
Lampiran 1.     Perhitungan Standar Deviasi......................................................... 61
Lampiran 2.     Perhitungan Rendemen Pemurnian Kitin...................................... 62
Lampiran 3.     Perhitungan Rendemen Hasil Pembuatan Kitosan dan Kitosan Sulfat                      63       
Lampiran 4.     Perhitungan Kadar Air, Kadar Abu dan Berat Molekul
                        Kitosan........................................................................................... 64
Lampiran 5.     Perhitungan Kadar Air, Kadar Abu dan Berat Molekul
                        Kitosan Sulfat................................................................................ 67
Lampiran 6.     Perhitungan Derajat Deasetilasi Kitosan....................................... 68
Lampiran 7.     Perhitungan Procion Red MX 8B Teradsorpsi oleh Kitosan.......... 69
Lampiran 8.     Perhitungan Procion Red MX 8B Teradsorpsi oleh Kitosan Sulfat                71
Lampiran 9.     Perhitungan Turbiditas Kitosan Sulfat.......................................... 73
Lampiran 10.   Daya Serap Kitosan Sulfat terhadap Procion Red MX 8B.......     74
Lampiran 11.   Daya Serap CaCO3 terhadap Procion Red MX 8B........................ 74

 
TABEL LAMPIRAN

                                                                                                                     Halaman
Tabel Lampiran 1.    Data rendemen pemurnian kitin............................................ 75
Tabel Lampiran 2.    Data rendemen  pembuatan kitosan dan kitosan sulfat........ 75
Tabel Lampiran 3.    Data kadar air dan kadar abu kitosan dan kitosan sulfat...... 75
Tabel Lampiran 4.    Data waktu alir larutan kitosan pada alat viskometer
                                 Ostwald................................................................................ 75
Tabel Lampiran 5.    Data Panjang Gelombang Maksimum Procion Red MX 8B.....................................................................................      76
Tabel Lampiran 6.    Data UV-Vis Adsorpsi larutan Procion Red MX 8B oleh kitosan  pada variasi pH                               76
Tabel Lampiran 7.    Data UV-Vis Adsorpsi larutan Procion Red MX 8B oleh kitosan pada variasi waktu kontak................................................................................... 78
Tabel Lampiran 8.    Data UV-Vis Adsorpsi larutan Procion Red MX 8B oleh kitosan pada variasi konsentrasi............................................................................ 80
Tabel Lampiran 9.    Data UV-Vis Adsorpsi larutan Procion Red MX 8B oleh kitosan sulfat pada variasi pH..................................                                                        82
Tabel Lampiran 10.  Data UV-Vis Adsorpsi larutan Procion Red MX 8B oleh kitosan sulfat pada variasi waktu kontak........................................................................ 85
Tabel Lampiran 11.  Data UV-Vis Adsorpsi larutan Procion Red MX 8B oleh kitosan sulfat pada variasi konsentrasi............................................................................ 86
Tabel Lampiran 12.  Data penentuan sifat adsorpsi............................................... 89
Tabel Lampiran 13.  Data perhitungan turbiditas.................................................. 97
Tabel Lampiran 14.  Data perhitungan Serapan CaCO3 pada Procion Red MX 8B               98
                                
 

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Penting, Harap Di Baca !!!

Sahabat mahasiswa seluruh Indonesia ...
Anda tahu, berdasarkan pengalaman saya pada waktu dulu menyusun skripsi, hal yang menyebabkan tidak kunjung selesai adalah kurangnya bahan referensi. untuk mencari referensi biasanya Anda mengunjungi perpustakaan.
Dan ini masalah terbesarnya. Di Perpustakaan Anda tidak bisa meminjam dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu lama. belum lagi Anda harus mengetik ulang. Makan waktu kan ? Karena itu, saya ingin membantu anda. Agar anda mudah menemukan Contoh skripsi yang baik, lengkap, dan terpecaya untuk menyelesaikan tugas akhir anda yang sudah di lengkapi dengan judul skripsi, proposal skripsi, metodologi penelitian, bab I sampai daftar pustaka, semua skripsi dalam format .doc sebagai contoh : Skripsi Gratis.doc.
Apa yang anda dapatkan pada paket Download Skripsi:..
UPDATE BULAN MEI 2012
  1. Anda memiliki banyak sekali pilihan Skripsi FULL CONTENT. Semua skripsi lengkap dari BAB Awal sampai BAB Akhir, Proposal, Kesimpulan, Daftar Pustaka, Lampiran, Hasil Penelitian, Toefl, Jurnal, dan File Bertype .DOC / DOCX (Microsoft Word).
  2. Paket DVD terdiri dari 2 pilihan DVD dan lebih dari 4000 skripsi.
  3. Paket 1 DVD Hanya Rp.100.000-,
  4. paket 2 DVD Hanya Rp.150.000-,
  5. Ratusan skripsi sudah dikelompokkan per Jurusan.
  6. Skripsi Jurusan Komputer dan Skripsi Teknik Informatika, di lengkapi Source Code dan Listing Program.
  7. Skripsi dapat langsung anda kembangkan atau hanya sekedar referensi.
  8. Dan tidak ketinggalan Bonus Premium, Bonus Script Bisnis, dan Tutorial Hacking dapat di download pada halaman Member.
Perhatian: Bonus dan Tutorial tidak ada pada DVD. Jadi, hanya dapat didownload pada halaman member. Dalam DVD hanya Khusus Skripsi.
Pesan Sekarang Juga ..
Dengan memesan sekarang juga, anda akan menghemat banyak uang dan waktu, mendapatkan ribuan skripsi terbaru, Tesis Gratis, dan paling lengkap di Indonesia. Anda mendapatkan Paket DVD dan dapat men-Download Langsung pada halaman download. Pesan sekarang juga..
Hanya Dengan..
Rp. 100.000,-
+ Anda Sudah Bisa Memiliki File Ribuan Skripsi +
Anda Mendapatkan Semua Skripsi Terbaru, FULL Pada Paket 1 DVD! Plus Download Bonus Premium Terlengkap Se-Indonesia!
Kata Kunci Pencarian :

Skripsi, Download Skripsi, Contoh Skripsi, Judul Skripsi, Proposal Skripsi, Tugas Akhir, Tesis Gratis, Skripsi Lengkap, Program Skripsi

Copyright : skripsidownloadgratis.blogspot.com